5 Fitur Gmail yang Pasti Belum Kamu Ketahui. Apa saja?

By: Raras
05 April 2019
157

Gmail selalu menghadirkan berbagai fitur menarik dan rahasia yang jarang diketahui oleh pengguna

     Hallo sobat the Pen semua. Gimana kabarnya nih? Biar selalu update tentang teknologi kekinian, jangan lupa ikuti terus ya berita teknologi di The Pen. Nah pada kesempatan kali ini, Pena akan bahas mengenai Email. Pastinya, Sobat The Pen yang punya HP android, juga punya akun google kan ya. Nah, Email yang digunakan untuk akun google adalah GMail.

    Sebagai layanan Email gratis yang sangat populer, Gmail selalu menghadirkan berbagai fitur menarik dan rahasia yang jarang diketahui oleh pengguna setia sekalipun. Apa saja fitur baru dan rahasia tersebut? Merangkum dari berbagai Gizmodo, Jumat (5/4/2019), berikut ini adalah 5 fitur di Gmail yang wajib kamu ketahui.

1. Jadwalkan Kirim Email

Mari kita mulai daftar ini dari salah satu fitur yang sudah lama ditunggu oleh pengguna setia Gmail, yakni fitur menjadwalkan email (schedule). Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan email untuk dikirim besok hari atau kapan pun yang kamu suka. Sayang, fitur ini masih belum dapat dinikmati oleh seluru pengguna Gmail. Google dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur tersebut. Jika fitur itu sudah tersedia, pengguna akan melihat menu drop-down ketika akan menekan tombol kirim (send).

2. Fungsikan Klik Kanan

Pada Februari 2019, Google merilis update yang memungkinkan berbagai pilihan ketika pengguna mengeklik kanan di email. Dengan ini, kamu dapat memindah lokasi email, buka email di tab baru, cari pesan, hingga banyak lagi.

3. Simpan ke Google Drive

Setiap lampiran yang muncul di inbox kamu ternyata dapat disimpan ke Google Drive dengan satu klik saja. Ikon Drive ini akan muncul di atas lampiran ketika dilihat di web atau saat di aplikasi Android.

4. Cari Email Berdasarkan Tanggal

Ini mungkin adalah salah satu trik Gmail paling lawas, paling berguna, tetapi sering dilupakan oleh penggunanya. Kamu dapat mengetik "before:2019/1/1" ke kotak pencarian Gmail untuk melihat email apa saja dari sebelum 2019. Atau bisa juga ketik, "after:2019/1/1" untuk melihat email yang kamu terima tahun ini. Kamu bisa mengubah tanggal atau tahun yang diinginkan.

5. Terjemahkan Email Kamu

Tahukah kamu, Google sudah menyertakan Google Translate ke dalam Gmail? Tenang, banyak dari pengguna Gmail yang tidak mengetahui fitur tersebut ada. Buka email di web, dan jika tidak ada bar penterjemah, klik tombol menu (tiga titik di atas kanan), dan pilih Translate message.

     Nah itu Sob. Jadi semakin tau kan tentang update fitur Gmail yang terbaru. jangan lupa di update di PlayStore ya aplikasi GMailnya biar bisa menikmati fitur diatas.

 

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/


Raras

Pimpinan Redaksi | Ketua OSIS Periode 2018-2019, Siswa AKL3 2017, Anggota Inti Tim Bolavoli smktamtamaka, Mentor of Tamka English Club.

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account