Android Q Bakal Mengusung Fitur Navigasi Gestur Utuh.

By: Maya Juwita
25 Februari 2019
270

Tombol Back Dibuang, Android Q Bakal Usung Navigasi Gestur Utuh?

     Hallo sobat The Pen. Udah denger kabar-kabar mengenai sistem operasi terbaru dari android atau belum? Beberapa media pastinya udah banyak yang membahas tentang OS bersimbol robot ini. Kabarnya, Google akan merilis Android Q. Namun belum jelas Q itu untuk apa. Karena memang belum resmi diluncurkan. Nah, buat sobat yang penasaran dengan Android Q, bisa simak artikel ini.

     Salah satu fitur utama dari Android 9 Pie adalah digantinya sistem navigasi dari tombol ke gestur. Seperti dikutip dari Liputan6.com, Sistem navigasi gestur ini awalnya dipopulerkan oleh iPhone X yang membuang semua tombol di layar depannya. Meski demikian, Android Pie masih memiliki tombol back atau kembali, yang muncul ketika dibutuhkan menemani icon berbentuk kapsul yang kini jadi ikon utama navigasi gestur. Namun, tampaknya Google akan beralih ke ikon kapsul secara keseluruhan dan menghilangkan tombol back di versi Android selanjutnya, yakni Android Q. Hal ini dilaporkan oleh XDA Developers yang mencoba kode Android Q awal. Dari laporannya, tombol back telah tiada.

Fungsi Tombol Home

     XDA menjelaskan bahwa tombol home nantinya akan berfungsi sebagai tombol back dan tombol recent apps. Pengguna nantinya hanya tinggal menggeser ikon kapsul ke kiri untuk kembali. Hal ini membuat pengoperasian Android akan jadi lebih mudah. Penggeseran ikon ke kiri ini juga digunakan untuk menggeser kamu ke deretan aplikasi yang telah terbuka. Jadi, perbedaan kecepatan dalam menggeser akan memberi peranan berbeda antara back dan membuka recent apps. Fungsi ini juga bisa digunakan dengan menggeser ke kanan.

Perubahan Terbesar?

     Jika fitur ini benar-benar masuk ke Android Q nantinya, ini adalah perubahan terbesar yang diusung Android, di mana penggunaan tombol navigasi masih sangat luas digunakan oleh sebagian besar pengguna Android. Meski demikian, masih perlu adanya finalisasi dan belum tentu fitur ini benar-benar akan masuk dan tombol back akan segera punah.

     Nah, gitu guys. Gimana? HP kalian yang masih ada tombol back nya, kayaknya ngga bakalan dapet update terbaru dari Androidnya. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.

 

Gambar utama diambil dari : https://www.youtube.com/watch?v=M9S-zMMOH8A

 


Maya Juwita

Interviewer | Siswa OTKP2 2017, Anggota Patroli Keamanan Sekolah Tamka. Mentor of Tamka English Club

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account