Apa Itu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Prospek Kerjanya

By: Delfi Sari'ah
20 Juni 2022
91

Apa itu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah atau disebut dengan pendidikan non-formal maupun pendidikan masyarakat? Tujuan adanya program studi ters

Adanya Jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan salah satu kesempatan lebih besar agar para lulusan bisa berwirausaha sehingga juga bisa mengajak banyak orang untuk belajar maupun berdaya.

Agar kamu lebih tahu tentang apa saja yang berhubungan dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan seperti apa prospek pekerjaan yang akan kamu peroleh setelah lulus nanti, semua bisa kamu pelajari setelah membaca informasi berikut.

1. Perkuliahan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, dan perkembangan peserta didik. Selain seluruh mata kuliah tersebut, kamu juga akan belajar kewirausahaan, Bahasa Indonesia, dan psikologi sosial.

Dalam mempelajari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, kamu juga akan membangun beberapa karakter positif, seperti mempunyai kemampuan komunikasi, mempunyai kemampuan interpersonal, mampu memecahkan masalah, dan mampu bekerjasama dengan tim.

Selain karakter tersebut, kamu juga akan belajar membangun karakter lainnya, seperti tekun, berpikir kritis, rasional, observant, dan berwawasan luas. Mahasiswa jurusan ini juga terkenal mempunyai kemampuan melakukan riset dan kemampuan melakukan analisis.

Untuk memperdalam kemampuan dan merencanakan perkuliahan pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, ada beberapa kampus terkemuka di Indonesia yang menyediakan jurusan tersebut. Kamu bisa memilih kuliah di Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

2. Prospek Pekerjaan Lulusan Pendidikan Luar Sekolah

Setelah mengetahui apa itu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, kamu juga wajib mengetahui mengapa dengan memilih jurusan ini merupakan salah satu rencana studi yang tepat. Pada jurusan tersebut, kamu akan belajar menjadi seorang pengajar non-formal untuk mendukung kesuksesan seluruh pelajar pada pendidikan non-formal.

Apalagi saat ini, tren pendidikan non-formal sedang populer, sehingga kebutuhan tenaga pengajar non-formal juga terus meningkat. Dalam hal ini kamu juga punya peluang lebih besar untuk menjadi tenaga pendidik pada lembaga pendidikan non-formal.

Lulusan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah juga bisa membuka bisnis sendiri, yaitu dengan mendirikan lembaga non-formal seperti membuka kursus untuk semua jenjang pendidikan.

Beberapa profesi lulusan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah sebagai seorang tutor, kepala sekolah, terapis kecantikan, dan konsultan kecantikan atau beauty consultant.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja yang wajib kamu ketahui terkait jurusan pendidikan luar sekolah.

Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kamu akan melanjutkan perkuliahan pada jurusan tersebut atau tidak. Kamu juga bisa mempelajari jurusan lainnya dengan mengunjungi situs U123. Bahkan pada situs ini kamu juga bisa mencari informasi beasiswa, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga penyedia beasiswa lainnya.

 

Semoga membantu :}

 

 

 


Delfi Sari'ah

Content Creator | Siswa Otkp 1 2021 | Class Music YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account