Cara Menutup Aurat

By: Via Devtiyas
21 April 2022
107

Jangan lupa menutup aurat supaya selamat dunia akhirat

Pengertian Aurat, Tujuan, Jenis, Dalil Serta Batas Aurat Laki-laki dan Perempuan – Setiap muslim tentu ingin menjadi seorang mukmin yang baik, untuk menjadi muslim yang baik setiap orang perlu menaati aturan-aturan yang telah diperintahkan oleh Allah. Salah satunya adalah perintah untuk menutup aurat muslim serta muslimah, terdapat beberapa batasan aurat seorang muslim laki-laki dan perempuan.

Bagi laki-laki, batasan aurat dimulai dari pusar sampai lutut, bagian yang menjadi batasan aurat ini wajib ditutup, sedangkan untuk perempuan batasan aurat mulai dari ujung kepala hingga kaki. Bagian tubuh perempuan yang wajib ditutupi mulai dari kepala yaitu rambut, tangan hingga pergelangan dan kaki. Untuk memahami lebih lanjut, penulis akan membahas m A. Pengertian Aurat

Dalam fiqih, aurat adalah bagian anggota badan yang tidak boleh ditampakkan atau terlihat oleh orang yang bukan muhrimnya. Sedangkan menurut salah satu ulama fiqih, yaitu Al-Khatib As-Syirbini menyebutkan bahwa aurat merupakan bagian tubuh yang harus ditutupi serta tidak boleh terlihat oleh orang yang tidak muhrim dan bagian yang harus ditutupi ketika melakukan shalat.

Dari pengertian menurut ulama serta ahli fiqih, dapat disimpulkan bahwa aurat adalah bagian tubuh seseorang yang tidak boleh terlihat ketika salat dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya.

 Tujuan Menutup Aurat

Tujuan mengapa seseorang harus menutup auratnya dapat Grameds pelajari pada buku Mengapa Kita Menutup Aurat ? oleh Malik Al-Mughis yang menjabarkan alasan hal tersebut harus dilakukan.engenai aurat untuk muslimah terlebih dahulu. 1. Terlihat berbeda dari makhluk lain

Tujuan pertama ini dijelaskan dalam Al-Quran yaitu pada surat Al-A’raf ayat 26 yang berbunyi : “Wahai anak Adam, telah kami turunkan buat kamu pakaian yang boleh menutup aurat-aurat kamu dan untuk perhiasan”. Dari surat Al- A’raf tersebut Allah telah memberi perintah kepada anak Adam atau manusia untuk menutup aurat, dalam ayat tersebut tidak disebutkan makhluk ciptaan Allah lain yang diperintahkan untuk menutup aurat. Oleh karena itu menutup aurat dapat membedakan manusia dari makhluk lain.

  1. Agama Islam adalah agama yang sempurna

Tujuan kedua menutup aurat adalah untuk menunjukan bahwa agama Islam merupakan agama yang sempurna, karena setiap aspek kehidupan telah diatur secara jelas dalam Al-Quran dan Allah sebagai pencipta maha mengetahui setiap kebutuhan makhluknya.

  1. Terhindar dari dosa-dosa

Menutup aurat merupakan perintah Allah yang wajib ditaati, oleh karena itu apabila seorang hamba melakukan perintah dan menjauhi larangan Allah maka hamba itu akan terhindar dari dosa-dosa.

  1. Sebagai ujian ketaatan

Melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya merupakan wujud dari ujian ketaatan. Allah ingin melihat muslim mana yang akan melaksanakan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya oleh karena itu tidak setiap orang dapat mengaku sebagai seorang mukmin.

  1. Sebagai identitas seorang muslim

Menutup aurat dapat menjadi identitas atau pembeda seorang muslim dari manusia dengan agama lain. Melalui pakaiannya atau dengan cara melihat orang akan mengetahui bahwa seseorang beragama Islam atau tidak. Hal ini dijelaskan pula pada surat Al Ahzab ayat 59.

  1. Melindungi diri seorang wanita

Tujuan keenam dari menutup aurat adalah untuk melindungi diri seorang perempuan dari fitnah maupun bahaya lain seperti kejahatan. Zaman sekarang banyak terjadi kejahatan dan target korbannya adalah perempuan, dengan memakai pakaian tertutup, perempuan dapat terhindar kejahatan yang tidak diinginkan tersebut.

  1. Mencegah penyakit

Terdapat beberapa penyakit yang penularannya bermula dari sentuhan. Untuk itu dengan menutup aurat dapat mencegah muslim dari tertular penyakit tersebut.

  1. Dapat meningkatkan ketakwaan

Dengan mentaati segala perintah Allah seorang muslim dapat meningkatkan ketakwaannya, dengan menutup aurat seorang muslim dapat selalu menjaga hati dan termotivasi untuk senantiasa meningkatkan imannya.

Aurat merupakan batasan atau bagian tubuh seseorang yang tidak boleh dipamerkan atau terlihat oleh orang yang tidak mahram, baik laki-laki maupun perempuan. Umumnya, kebanyakan orang lebih fokus pada batasan aurat perempuan, padahal laki-laki juga memiliki batasan aurat yang perlu diperhatikan.

Menutup aurat bagi seseorang yang belum terbiasa juga membutuhkan tekad yang kuat dan semangat untuk berhijrah dalam meningkatkan ketakwaan mereka. Dalam mempelajari bagaimana menguatkan tekad tersebut, buku Rahasia Sukses Berhijrah hadir untuk Grameds.


Via Devtiyas

Content Creator | Siswa OTKP 1 2022 | Kameramen Ilmu Santai YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account