Cara "Move on" Menurut Islam

By: Eva Asriati
28 Juni 2022
61

Setiap rencana yang telah kau susun dengan rapih, jika itu tidak menjadi kenyataan percayalah ketetapan yang terbaik sudah Allah atur jauh lebih

"Move on, dong!"

Seruan itu pasti sering kamu dengar saat hati tengah gundah memikirkan sebuah masalah . Padahal untuk move on dari masalah pastinya juga butuh waktu untuk kembali menata hati. Belum lagi jika hati masih menolak untung mengikhlaskannya. Pasti hal tersebut menambah berat keinginan untuk melupakan.

Kata move on dalam pergaulan memiliki arti meninggalkan yang lama untuk menuju tempat yang baru. Kalau dikondisikan dengan zaman sekarang, kata move on cenderung dipakai untuk melupakan mantan pacar.

Padahal pengertian move on secara luas juga bisa dipakai untuk melupakan masa lalu dan kembali menapaki fase yang baru. Intinya, move on beralih ke masa depan yang lebih baik lagi.

Dalam Islam, ada banyak cara untuk move on dari permasalahan yang membuat hati risau, gundah, dan tidak tenang. Cara ini akan membuat kamu lebih dekat dengan Allah SWT, maha pemberi solusi dari segala permasalahan hidup yang ada.

Mengacu pada Alquran dan hadis, Islam memberi jalan yang mudah bagi umatnya untuk menghapus kesedihannya. Berikut cara move on menurut ajaran Islam yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Berserah diri kepada Allah

Serahkan permasalahan kamu kepada Allah SWT. Dalam Islam diajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup merupakan ketetapan dari Allah. Yakin dan percaya bahwa masalah yang tengah kamu hadapi merupakan ujian yang bakal kamu lewati. Allah nggak akan menguji hambanya melebihi kemampuannya.

2. Berdamai dengan diri

Agar tidak berlarut-larut, fokuslah pada solusi bukan masalahnya. Lupakan secara perlahan permasalahan yang tengah kamu rasakan. Hadapi rasa takut yang kamu rasakan, jangan malah menghindarinya. Beri waktu untuk diri sendiri menerima dan memproses permasalahan tersebut. Terpenting, sadari bahwa kekecewaan juga bagian dari hidup.

 

3. Memperbanyak ibadah

Allah memerintahkan umatnya untuk selalu beribadah. Dengan beribadah maka kita bisa makin mendekatkan diri dengan Sang Khalik. Salah satu cara untuk lebih dekat Allah adalah dengan salat. Dirikan salat lima waktu dan sunnah untuk memberi ketenangan diri. Selain salat, kamu juga bisa memperbanyak membaca Alquran. Nggak hanya semakin dekat dengan Allah, dengan banyak bertilawah kamu secara nggak langsung membentuk pribadi yang sabar sebagai salah satu kunci menghadapi permasalahan hidup.

4. Tafakur

Bertafakur merupakan salah satu amalan yang dilakukan Rasulullah SAW untuk dekat dan mengenal Allah SWT. Tafakur juga bisa diartikan memikirkan atau merenung untuk menganalisa permasalahan yang kamu hadapi untuk mencari dan mendapatkan solusi. Dengan bertafakur, kamu bisa mendekatkan diri dan berharap sepenuhnya pada Allah untuk mendapat kunci jawaban persoalan pelik yang tengah dihadapi. 

5. Menatap lurus ke depan

Sebuah masalah jangan dipikirkan alasan di baliknya, Bela. Kalau kamu terus memikirkannya, malah nggak bisa buat kamu move on. Lepaskan permasalahan yang ada, agar nggak berlarut-larut dalam kesedihan. Percaya bahwa ada hikmah di balik masalah yang kamu hadapi. Tutup lembaran lama dan fokuslah ke masa depan.

6. Menyibukkan diri

Cara lain agar bisa move on dari permasalahan yang kamu hadapi, yaitu dengan menyibukkan diri. Alihkan perhatian kamu ke hal-hal yang bermanfaat lainnya. Dengan membuat diri selalu sibuk maka pikiran pun nggak akan fokus ke masalah itu saja. Kamu bisa menyibukkan diri dengan mempelajari agama atau bahkan kegiatan sosial. 

 


Eva Asriati

Content Creator | Siswa TKJ 1 | Host Ilmu Santai YouTube SMK Tamtama Karanganyar | loyal reader wattpad

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account