Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

By: Delfi Sari'ah
20 April 2022
112

Administrasi perkantoran adalah bagian dari bidang manajemen yang memberikan informasi dibidang administrasi yang diperlukan untuk memperlancar

Hallo sobat The Pen. Kali ini pena akan membagikan infomasi mengenai Jurusan Administrasi Perkantoran. Buat para siswa baru dengan mengambil jurusan ini,nantinya kamu juga bisa melanjutkan di jurusan yang sama selama kuliah.

                 

APA ITU JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN?

Jurusan Administrasi Perkantoran Akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang kemudian dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi (perusahaan atau kantor). Tugas administrasi sendiri dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran diantaranya korespondensi, teknologi informasi, manajemen kearsipan, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik dengan 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi informasi (komputer) dan lain-lain.

Ia juga Akan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan. Jurusan ini akan membawamu bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak rule ingin berhubungan dengan atasan. Dibutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan untuk berkuliah di jurusan ini.

 

KENAPA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN?

Memilih jurusan administrasi tentu saja memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Prospek kerjanya pun tidak main main, lulusan jurusan ini akan banyak bekerja di dunia perkantoran. Selain itu jurusan ini sendiri memiliki rate gaji yang cukup tinggi. Lulusannya akan banyak melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat juga menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran.

Tugas Administrasi Perkantoran sendiri yang utama adalah melakukan rekapitulasi data, mengelola dokumen, dan menyimpan dokumen secara terstruktur. Dari tugas utama ini kita bisa menurunkan beberapa tugas Administrasi Perkantoran mencakup Berkomunikasi via telepon, baik melakukan atau menerima panggilan telepon, Menyiapkan agenda, seperti jadwal pertemuan, sesuai hasil komunikasi yang telah dilakukan, Entri atau rekapitulasi data, berupa data konsumen, transaksi dengan klien, dan lain-lain.

Ia juga bertugas menyediakan informasi atau data yang lengkap bagi pihak yang memerlukannya agar pekerjaan terlaksana sesuai dengan prosedur, tenggat waktu, dan standar yang telah ditentukan serta Melakukan verifikasi hingga membuat laporan kegiatan, misalnya produksi dan pengiriman.

KEAHLIAN JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

✓ Kemampuan komunikasi yang baik

✓ Kemampuan bekerja sama

✓ Kemampuan menulis

✓ Manajemen waktu yang baik

✓ Memperhatikan detail dan ketelitian

 

KEBUTUHAN LULUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI DUNIA KERJA

  • Sekretaris, tugasnya memfilter informasi seputar bisnis bagi pimpinan, termasuk pula sebagai pihak perekam hingga pengingat berbagai kegiatan pimpinan di perusahaan.
  • Staff Administrasi, Sebagai seorang staff administrasi, tugas Administrasi Perkantoran yang dijalankan mencakup tugas-tugas administrasi kantor yang mendukung operasional perusahaan agar berjalan lancar.
  • Staff Personalia Payroll, database, presensi, pinjaman, hingga pencatatan cuti karyawan menjadi tugas Administrasi Perkantoran seorang staff personalia.
  • Personal Assistant, Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan bantuan personal assistant. Dengan keterampilannya sebagai alumnus Jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu mengikuti berbagai kegiatan dan membantu segala keperluan atasannya.
  • Public Relations Karena kecakapannya berkomunikasi, alumni Jurusan Administrasi Perkantoran juga berpeluang kerja di bidang Humas dengan menjembatani antara dunia luar dan perusahaan.
  • Guru SMK Jika melanjutkan kuliah di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, kita punya bekal untuk menjadi guru dan mengajar Administrasi Perkantoran di SMK.

 

PERKULIAHAN & MATA KULIAH JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Materi perkuliahan di jurusan administrasi perkantoran diantaranya Ilmu Administrasi, Di mata kuliah ini, Kamu akan diajari tentang dasar-dasar administrasi. Kamu juga akan diajari tentang cara mengelola kantor disini. Selain itu kamu juga akan mempelajari Komunikasi. Ekonomi meliputi dasar-dasar ilmu ekonomi yang juga berguna dalam menjadi karyawan kantoran,

Kamu juga akan mempelajari Manajemen, Ergonomi yang mengajari tentang interaksi manusia dengan elemen sistem dalam profesinya. Selain itu kamu juga akan mempelajari Kesekretarisan sebab tidak hanya menjadi seorang admin di kantor, Kamu juga akan diajari tentang cara menjadi seorang sekretaris. Perpajakan diajarkan untuk menjadi seorang lulusan admin kantor yang kompeten. Terakhir kamu juga akan mempelajari Bahasa Inggris Bisnis Terakhir, ada bahasa inggris yang juga diajarkan. Bedanya, bahasa inggrisnya adalah model bisnis sehingga kalimatnya pun tidak semudah bahasa inggris biasa. Kamu juga akan diajari tentang akuntansi.

 

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Administrasi Perkantoran :

  1. Azas Manajemen
  2. Mengetik Elektronik
  3. Stenografi
  4. Manajemen Perkantoran
  5. Akuntansi
  6. Praktek Komputer
  7. Pengetahuan Kesekretariatan
  8. Humas dan Protokol
  9. Teknik Penulisan Laporan
  10. Hukum Ketenagakerjaan
  11. Bahasa Inggris
  12. Manajemen Kearsipan
  13. Statistik
  14. Manajemen Personalia
  15. Manajemen Layanan Prima
  16. Manajemen Bisnis dan Organisasi
  17. Koresponden Bahasa Inggris
  18. Korespondensi Bahasa Indonesia
  19. Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor
  20. Manajemen Komplain
  21. Hukum Perdagangan Sipil
  22. Sistem Perbankan Indonesia

 

UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  5. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  6. Universitas Andalas (UNAND), Padang


Delfi Sari'ah

Content Creator | Siswa Otkp 1 2021 | Class Music YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account