Kenali Batas Aurat Perempuan

By: Laely Alifatun Fajriyah
27 Mei 2022
75

Batasan aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

Batasan Aurat Perempuan Sesuai Ajaran Islam dan Dalilnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Batasan aurat perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

 

Menurut buku Jilbab: Pakaian Wanita Muslimah karya M. Quraish Shihab (2018), Ummu Salamah ra dalam Hadist Riwayat Ahmad sebagai berikut.

 

 أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم لما قال في جرِّ الذيلِ ما قال قالت قلتُ يا رسولَ اللهِ فكيف بنا فقال جُرِّيهِشبرًا ، فقالت (أم سلمة) إذًا تنكشفُ القدمانِ ، قال فجُرِّيهِ ذراعًا

 

Artinya, “Rasulullah SAW ketika bersabda mengenai masalah mengulurkan ujung pakaian, aku berkata kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah bagaimana dengan kami (kaum wanita)?’ Nabi kemudian menjawab, ‘Julurkanlah sejengkal.’ Lalu Ummu Salamah bertanya lagi, ‘Kalau begitu kedua qadam (bagian bawah kaki) akan terlihat?’ Nabi bersabda: ‘Kalau begitu julukanlah sehasta.’”

 

Demikian penjelasan mengenai batasan aurat perempuan menurut ajaran Islam. Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu Anda sudah paham bahwa menutup aurat bagi seorang Muslimah adalah hal wajib yang harus dilaksanakan.

 

Batasan Aurat Perempuan Sesuai Dalilnya

Dalam Agama Islam, setiap perempuan muslimah wajib untuk menutup auratnya. Batasan aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Perintah Allah SWT mengenai kewajiban menutup aurat bagi perempuan muslimah terdapat dalam Surat An Nur ayat 31 yang berbunyi sebagai berikut.

 

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

 

Artinya, “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya (aurat), kecuali yang (biasa) Nampak dari padanya.”

 

Selain itu, Allah SWT berfirman mengenai kewajiban perempuan untuk menutup aurat dalam Surat Al Ahzab ayat 59 yang berbunyi.

 

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

 

Artinya, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min; ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

 

 


Laely Alifatun Fajriyah

Content Creator | Siswa AKL 1 2021 | Pengurus OSIS smktamtama | Host Ilmu Santai YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account