Laptop Layar Lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED Resmi Meluncur

By: Asti Maharani Sakina
06 September 2022
30

Asus baru saja meluncurkan laptop lipat terbarunya

Laptop Layar Lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED Resmi Meluncur

Tak hanya vendor smartphone, produsen laptop juga tampaknya tertarik untuk memproduksi perangkat dengan layar yang dapat dilipat. Asus baru saja meluncurkan laptop lipat terbarunya,  Zenbook 17 Fold OLED.

 

Laptop ini sebelumnya ditampilkan di  Consumer Electronics Show (CES) 2022, tetapi baru diluncurkan di  pameran elektronik IFA 2022 minggu ini.

 

Secara desain, perangkat ini sebenarnya terlihat seperti tablet yang sangat bongsor dengan panel OLED berukuran 17,3 inci dengan resolusi 2.560 x 1.920 piksel dan rasio layar 4:3. Namun, layar yang bisa dilipat ke dalam (inward) tersebut memiliki fungsi beragam, tergantung dengan posisi atau mode lipatannya.

 

Jika dibentangkan, pengguna bisa memakainya sebagai layar utama yang besar. Layar tersebut bisa dipadukan dengan Bluetooth Keyboard, yang didapat dalam paket pembelian perangkat. Penggunaan ini mirip saat memakai PC biasa.

 

Lalu ketika dilipat dengan sudut bentangan 120 derajat, pengguna bisa "menyulap" layar Zenbook 17 Fold OLED sebagai laptop konvensional yang memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.280 piksel.

 

Dalam mode ini, pengguna bisa mengalihfungsikan layar bagian bawah sebagai keyboard virtual atau layar sekunder untuk kepentingan membuka banyak aplikasi alias multitasking. Apabila layar bagian bawah dipakai untuk multitasking, pengguna bisa memakai Bluetooth Keyboard untuk membantu produktivitas pengguna.

 

 Jika layar bagian bawah tersebut tidak digunakan, pengguna bisa menempelkan Bluetooth Keyboard yang memiliki magnet tersebut ke layar bagian bawah. Sehingga, bentuknya akan seperti laptop konvensional.

 

Beralih ke sektor hardware, Asus Zenbook 17 Fold OLED ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel i7-1250U yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 16 GB dan media penyimpanan (storage) SSD PCIe 4.0 hingga 1 TB.

 

Pada aspek daya, laptop lipat ini ditopang dengan baterai berjenis 4-cell dengan kapasitas 75Whr. Dengan baterai tersebut, Asus mengeklaim laptop lipat ini kuat bertahan dengan layar menyala hingga 9 jam lebih.

 

Fitur pendukung lainnya mencakup dua buah konektor USB-C berteknologi Thunderbolt 4 untuk mengisi daya (maksimal 65 watt) dan menunjang display output, serta audio jack 3.5mm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (6/9/2022).

 

Di pasar global, Asus Zenbook 17 Fold OLED tersedia dalam varian warna Tech Black dan dijual dengan harga selangit, yaitu 3.499 dolar AS atau sekitar Rp 52,2 juta. Belum bisa dipastikan apakah laptop lipat ini bakal turut dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

 

 


Asti Maharani Sakina

Content creator |siswa 10 BDP 2022| cameraman ilmu santai YouTube SMK tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account