Mau Lanjut Kuliah atau Langsung Kerja? Pertimbangkan 4 Hal Ini

By: Delfi Sari'ah
27 Mei 2022
71

Pertimbangkan 4 hal ini sebelum kamu menentukan pilihan antara lanjut kuliah atau langsung kerja

Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan rumit yang harus bisa kamu pecahkan sendiri secara mandiri. Ya, antara melanjutkan jenjang pendidikan dengan menempuh kuliah lagi atau memilih untuk bekerja dan mendapatkan uang secara mandiri.

Dua-duanya tidak ada yang salah, tapi keduanya justru sama-sama memiliki sisi positif dan negatif yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk memulai masa depan. Sulit memang, tapi apadaya hal tersebut memang harus kamu putuskan. Adakalanya pertimbangan berikut ini bisa kamu jadikan bahan untuk memilah dan memutuskan mana pilihanmu.

 

  1. Lanjut kuliah memperdalam teori, lanjut bekerja memperdalam skill

Hal pertama yang mungkin bisa kamu pertimbangkan adalah jika lanjut kuliah itu berarti kamu akan memperdalam teori yang kamu dapatkan dari bangku S1. Tentu hal ini akan menambah luas cara pandangmu dalam sudut akademisi. Sedangkan ketika kamu memilih bekerja, artinya kamu memperdalam skill dan pengalaman. Apalagi saat ini dunia kerja lebih mengutamakan skill dan pengalaman daipada latar belakang pendidikan.

Lanjut kuliah berarti mengeluarkan uang, lanjut bekerja mendapatkan uang

Hal kedua yang perlu pertimbangan adalah dari segi finansial. Jika kamu memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan maka tidak masalah jika kamu lanjut kuliah. Namun jika kamu memiliki kekurangan dalam finansial dan ada keluarga yang harus kamu tanggung biaya hidupnya maka kamu perlu mempertimbangkan keputusanmu dengan matang.

  1. Relasi yang lebih luas jika bekerja atau lanjut kuliah

Kedua pilihan di atas sama-sama akan menambah jumlah relasi yang kamu miliki. Namun tentunya relasi tersebut akan berbeda, dimana jika kamu bekerja maka relasi yang kamu miliki adalah para praktisi atau profesional. Sedangkan jika kamu lanjut kuliah maka relasimu adalah para akademisi, silahkan pertimbangkan hal ini ya.

  1. Bekerja sambil kuliah

Pilihan satu ini barangkali adalah pilihan yang bijak. Kamu bisa mencoba mempertimbangkan bagaimana jika kamu bekerja sekaligus juga melanjutkan pendidikan. Apalagi kamu bisa mengatur waktu sedemikian rupa agar keduanya berjalan dengan baik. Kamu bisa memilih kuliah kelas malam untuk karyawan dan bekerja pada siang harinya. Tentu hal ini membutuhkan effort yang lebih besar daripada jika kamu memilih salah satu saja. Namun, disitulah kamu akan mengerti bagaimana memperjuangkan dua hal yang sama-sama penting dalam hidup kamu.

 

Itu dia beberapa pertimbangan yang bisa kamu jadikan bahan untuk memilih antara bekerja atau lanjut kuliah lagi. Apapun pilihanmu nanti, tetap jalani dan syukuri karena tak pernah ada pilihan yang sia-sia😊.

 


Delfi Sari'ah

Content Creator | Siswa Otkp 1 2021 | Class Music YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account