Ponsel Lipat Vivo X Fold Resmi Meluncur

By: Asti Maharani Sakina
12 April 2022
56

ponsel layar lipat pertama Vivo, Vivo X Fold, akhirnya resmi diluncurkan.

Ponsel Lipat Vivo X Fold Resmi Meluncur

Setelah beberapa rumor, ponsel layar lipat pertama Vivo, Vivo X Fold, akhirnya resmi diluncurkan. Senada dengan kabar yang menghebohkan, Vivo X Fold memiliki mekanisme lipat yang mirip dengan seri Samsung Galaxy Z Fold dan Huawei Mate X2. Dengan kata lain, layar utama ponsel yang dapat dilipat dapat dilipat ke dalam seperti buku.

Layar utama adalah tipe AMOLED E5 dengan ukuran 8 inci dan resolusi 1800x2200 piksel. Vivo juga mengklaim ponsel ini bisa dilipat dengan sudut 60 derajat atau 120 derajat seperti laptop. Vivo X Lipat juga dilengkapi dengan layar sekunder dengan piring aminol. Layar berguna jika layar utama ponsel digunakan dalam keadaan tertutup.

Meski memiliki ukuran berbeda, layar utama dan layar sekunder Vivo X Fold ini sama-sama mendukung refresh rate 120 Hz dan HRD10+. Di kedua layar tersebut terdapat kamera selfie beresolusi 16 MP dalam modul punch hole, serta pemindai sidik jari (fingerprint) ultrasonik yang sudah dibenamkan di bawah layar. Di bagian punggung Vivo X Fold terdapat deretan kamera belakang yang dimuat dalam sebuah modul bulat. Ada empat kamera yang menghiasi bagian belakang ponsel lipat ini. Terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, kamera telefoto 12 MP (2x optical zoom), dan kamera telefoto "periskop" 8 MP (5x optical zoom). Deretan kamera tersebut juga terlihat dibekali dengan teknologi Zeiss, sama seperti Vivo X70 Series.

Dengan begitu, ponsel lipat ini bisa saja dibekali dengan sejumlah mode pemotretan mumpuni seperti Texture Portrait, Motion Capture 3.0, Zeiss Super Night Scene, Zeiss Nature Color dan lain sebagainya.

Spesifikasi dan harga Vivo X Fold

Sektor hardware Vivo X Fold ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB. Baterai ponsel ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 4.600 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 66 watt. Dengan teknolgi tersebut, Vivo mengeklaim daya baterai ponsel lipat itu bisa terisi dari 0-100 persen dalam waktu 37 menit.

Ponsel lipat Vivo X Fold juga mendukung teknologi pengisian nirkabel (wireless charging) dengan daya 50 watt, serta bisa mengisi daya perangkat lain (reverse wireless charging) dengan daya 10 watt.

Untuk software, ponsel lipat ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Origin OS Ocean, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (12/4/2022). Di China, Vivo X Fold hadir dalam varian warna hitam dan biru, dan dijual dengan harga 8.999 yuan atau sekitar Rp 20,2 juta. Belum bisa dipastikan apakah ponsel lipat ini bakal dihadirkan di luar pasar China, termasuk Indonesia, atau tidak. Kita tunggu saja.



Asti Maharani Sakina

Content creator |siswa 10 BDP 2022| cameraman ilmu santai YouTube SMK tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account