Ternyata Ini Suhu Kamar Terbaik untuk Tidur

By: Rahmah Rahayu
24 Mei 2021
78

Sebenernya berapa sih Suhu kamar terbaik agar tidur nyenyak?

     Hallo sobat pena semuanya. Gimana kabar nih? Oh iya, kalian ngrasa ngga sih suhu udara akhir-akhir ini sangat panas? Dari panasnya suhu udara itu, bikin kita tidur ngga nyenyak, iya kan? Kita bisa merasakan panas di dalam kamar, dan baju kita basah oleh keringat ketika kita bangun pagi. Nah di kesempatan kali ini, aku bakal bahas berapa sih suhu kamar terbaik biar kita bisa tidur nyenyak?

     Suhu kamar memiliki peran penting dalam kualitas tidur Anda. Suhu kamar yang terlalu dingin atau panas, ternyata bisa mengganggu jam istirahat di malam hari. Sebab, di saat Anda sedang tidur, suhu tubuh akan menurun. Jika kamar memiliki suhu sejuk, maka tubuh bisa "menyesuaikan" dan merasa nyaman berada di dalam ruangan itu. Kenalilah suhu kamar terbaik bagi kalian agar mendapatkan tidur nyenyak, di bawah ini.

Berapa sih suhu kamar terbaik untuk tidur nyenyak?

     Ternyata, suhu kamar paling ideal untuk tidur adalah 18 - 22 derajat Celcius! Sebab, suhu kamar inilah yang dianggap paling ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur kalian. Sebenarnya, hal ini ada hubungannya dengan regulasi temperatur internal tubuh. Menjelang tidur, suhu tubuh akan menghangat, dan kembali normal saat akan bangun (sekitar jam 5 pagi). Suhu kamar yang terlalu dingin atau panas akan berdampak buruk pada temperatur internal tubuh, sehingga mengganggu kualitas tidur Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa suhu kamar adalah salah satu faktor terpenting dalam meraih tidur yang berkualitas. Sebuah riset lain dengan survey pada 765.000 responden juga menemukan bahwa suhu kamar yang terlalu panas, bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mendinginkan dirinya di malam hari. Akibatnya, tidur yang berkualitas tidak dapat diraih.

Risiko tidur dengan suhu kamar terlalu panas dan dingin

Ada berbagai risiko yang muncul, jika Anda tidur dengan suhu kamar yang terlalu panas ataupun dingin. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Suhu kamar yang terlalu panas

Suhu kamar yang terlalu panas bisa membuat diri Anda gelisah di saat sedang tidur atau mencoba untuk tidur. Hal ini disebabkan oleh penurunan pada rapid eye movement (REM) atau tidur gelombang lambat (slow wave sleep).Selain itu, suasana lembap yang diakibatkan suhu kamar panas, juga bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

  • Suhu kamar yang terlalu dingin

Sebuah penelitian dilakukan dengan meminta para responden tidur dengan busana yang minim, tanpa selimut untuk menghangatkan tubuh mereka. Para ahli kemudian menemukan bahwa kualitas tidur mereka sangat terganggu dengan suhu kamar yang dingin. Kesimpulannya, suhu kamar yang terlalu dingin akan membuat Anda sulit untuk tertidur.Suhu kamar adalah faktor penting yang bisa mengatur kualitas tidur Anda. Itulah sebabnya, Anda sangat disarankan untuk lebih memperhatikan suhu kamar.

     Selain suhu kamar, perhatikan juga hal lain yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti mematikan lampu saat tidur, menciptakan suasana yang hening, menjaga pola tidur, hingga menghindari konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur.

     Nah sampai di sini dulu ya tips kali ini. Semoga membantu temen-temen semua untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.


Rahmah Rahayu

Content Creator | Siswa OTKP 1 2020, Pengurus OSIS smktamtamaka | Host Ilmu Santai YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account