Tips Agar Puasa Tidak Terasa dan Kuat Sampai Maghrib

By: Putri Purwanti
22 April 2021
35

Berikut ini beberapa tips agar kita bisa kuat dalam melaksanakan puasa

HELLO SOBAT PENA

Dikesempatan kali ini kita akan membahas tips agar puasa tidak terasa dan kuat sampe Maghrib.

Puasa mungkin mudah dilakukan untuk orang yang udah biasa berpuasa. Tetapi, gimana jadinya kalo untuk orang-orang yang belum terbiasa puasa, misalnya untuk anak-anak yang memang mau belajar berpuasa.

untuk mengatasi seseorang yang sulit berpuasa, sebenarnya banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan supaya puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib. Berikut adalah 6 tips bagaimana cara agar puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib.

 

  1. Niatkan kita harus kuat.

Segala sesuatu pasti diawali dengan niat, berniat puasa harus bertahan sampai akhir.

Niatkan pada diri sendiri supaya hari ini kita harus berpuasa apapun yang terjadi. Insya Allah kalo udah niat, maka puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib.

 

  1. Jangan berlebihan saat makan sahur.

Kalo kita makan berlebihan, tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan tersebut, hal inilah yang menyebabkan mengapa kita lebih sering lemes dan mengantuk.

Ada baiknya saat sahur makanlah secukupnya saja. Perlu perhatikan juga gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh ketika kita lagi berpuasa seperti, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Seimbang dan jangan ada yang berlebihan.

 

  1. Kurangi aktivitas yang berat-berat.

Terkadang saat kita puasa, kita malah gak memperhatikan aktivitas apa yang kita lakukan. Banyak melakukan aktivitas yang berat akan cepat menguras energi kita.Tetaplah menjalankan aktivitas seperti biasa namun kurangi porsinya saja.

Kalo udah lemes, tidur adalah pilihan terbaik.

 

  1. Tidur Siang

Ada hadist yang mengatakan “Tidur orang yang berpuasa adalah ibadah”. Walaupun begitu, kita bisa memanfaatkan tidur dengan niat untuk menghemat energi saat berpuasa, insya Allah puasa kita akan berkah.

Tetapi, kita juga harus bisa membatasi jam tidur kita, jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia.

 

  1. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Seringkali kita terasa bosan bukan saat kita berpuasa.Nah kita bisa banget nih mengisi waktu kita untuk main game,nonton film,atau main ke rumah temen,dan juga kalo udah sore bisa ngabuburit juga kan?

 

  1. Beribadah

Ini adalah poin yang paling penting ketika kita sedang melaksanakan puasa.

Agar puasanya tidak terbuang sia-sia,kita sebaiknya bisa memperbanyak beribadah seperti tilawah dan melaksanakan sholat-sholat Sunnah.

Mumpung pahalanya lagi dilipatgandakan,yuk sama-sama kita bangun kebiasaan baru untuk beribadah.


Putri Purwanti

Content Creator | Kelas AKL 2 2020 | Pengurus OSIS SMK Tamtama Karanganyar Tahun 2020-2022

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account