Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

By: Adinda Dwi
27 April 2021
103

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Puasa

4 Tips Puasa Supaya Tetap Sehat Selama Pandemi Coronavirus (COVID-19)

 

Puasa kali ini dapat terasa lebih berat dari biasanya karena pandemi Covid 19 belum tampak akan berakhir dalam waktu dekat. Namun di sisi lain, berpuasa dapat sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh .

Berikut adalah beberapa tips puasa saat pandemi supaya kebugaran dan sistem imun tubuh agar tetap terjaga:

 

  1. Tidur yang cukup

Menjaga pola tidur adalah tips puasa yang sangat penting di tengah pandemi Covid 19. Karena jika kekurangan waktu tidur  akan melemahkan sistem imun yang dapat membuat kita lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak bisa tidur nyenyak atau tidak cukup tidur lebih cenderung lebih sering jatuh  sakit setelah terpapar virus, seperti virus flu dan pilek. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi seberapa cepat kita pulih dari sakit.

Maka dari itu, pastikan kita memiliki waktu  tidur yang cukup setiap hari. Orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-9 jam di malam hari. Selama berpuasa, kita bisa menyicil kebutuhan tidur ini dengan tidur siang dan tidur malam lebih cepat dari biasanya. tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit

  1. Sahur dan berbuka dengan makanan bergizi seimbang

Di bulan puasa, kita mungkin cenderung tidak memperhatikan pola makan sehingga berbagai makanan pun disantap dengan harapan bisa kenyang setelah sahur dan berbuka. Padahal, apa yang kita makan sangat mempengaruhi  sistem imun tubuh.

Maka, pastikan menu sahur dan berbuka kita memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Perbanyaklah makan buah dan sayur yang memiliki kaya vitamin serta antioksidan untuk membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Tukar makanan berlemak trans dengan makanan sumber lemak baik seperti kacang-kacangan dan ikan laut.

Lemak baik yang ditemukan dalam kacang dan biji-bijian, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, serta buah seperti alpukat dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun

  1. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen saat berbuka puasa maupun sahur juga bisa menjadi tips puasa di tengah pandemi virus corona untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun di antaranya vitamin C, D, dan zinc.

Jika perlu, kita bisa datang ke dokter untuk berkonsultasi tentang penggunaan suplemen selama bulan puasa.

  1. Menerapkan protokol kesehatan

Pandemi virus corona belum tampak akan berakhir dalam waktu dekat. Oleh karena itu, jangan sampai  sampai kita lengah menerapkan protokol kesehatan yang tepat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Berikut adalah cara menerapkan protocol Kesehatan menurut KEMENTRIAN RI:

  1. Selalu cuci tangan dengan bersih menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik lalu bilas. Jika tidak ada akses air bersih, Anda bisa gunakan hand sanitizer atau tisu basah beralkohol.
  2. Terapkan etika batuk dan bersin yang baik dengan menutup hidung dan mulut pakai tisu dan langsung buang di tempat sampah, atau tutup area mulut dan hidung lengan baju bagian dalam sehingga droplet tidak menyebar dan berpindah ke orang lain.
  3. Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mata, hidung, dan mulut untuk mencegah bakteri dan virus di tangan berpindah ke area wajah.
  4. Pakai masker ketika keluar rumah.
  5. Jaga jarak aman minimal 2 meter dengan orang lain ketika berada di luar rumah.
  6. Hindari kerumunan yang padat.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa


Adinda Dwi

Content Creator | Siswa OTKP 1 2020 | Writer | News Editor

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account