Tren Otomotisasi di Dunia Kerja

By: Arsih Nuraeni
31 Mei 2022
127

Banyak pekerjaan yang kita lihat akan menjadi otomatis membutuhkan ketrampilan yang berbeda dari pekerjaan-pekerjaan yang diciptakan

Karena produktivitas manusia cenderung menurun, tren otomatisasi di berbagai bidang tentu mendorong pertumbuhan ekonomi global, dan otomatisasi dapat menggerogoti kesempatan kerja manusia. Otomasi industri adalah teknologi atau teknologi yang terkait dengan penerapan sistem informasi mekanis, elektronik, dan komputerisasi untuk memungkinkan perusahaan mengoperasikan dan mengendalikan produksi.

 

    Berbicara tentang otomatisasi industri masa kini tentu tidak ketinggalan membicarakan peran kecerdasan buatan di dalamnya. Contohnya dalam proses manufaktur terintegrasi compute dan inspeksi visual yang cerdas. Berikut ini milestone mulai tergantikannya tenaga kerja manusia dalam proses produksi di industri yang menunjukkan tren sistem otomasi. Mesin-mesin otomatis atau teknologi robot pun mulai berperan besar di industri sejak itu hingga era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini:

 

1960 – Mikrokontroler mulai banyak digunakan dalam industri

1980 – PLC (Programmable Logic Controller) mulai banyak digunakan dalam sistem

otomatisasi menggunakan mikrokontroler

1990 – Penggunaan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition atau Akuisisi

Data, Kontrol dan Penyeliaan) mulai populer digunakan di luar industri minyak

2017 – Penggunaan IoT (Internet of Things) mulai banyak dipakai di industri karena lebih luas dan lebih ringkas dalam melakukan otomatisasi.

 

       Robot memiliki sejarah cukup panjang. Yang dianggap sebagai bapak robotika adalah Al-Jazari ilmuwan muslim yang ahli di bidang mekanik & industri lahir tahun 1136 M. Robot ciptaannya yang terkenal adalah perahu yang diawaki oleh empat robot humanoid (pemain musik) yang dipersembahkan untuk menghibur para tamu. Robot lainnya adalah jam gajah bertenaga air menggunakan prinsip hidrolik yang bisa mengeluarkan bunyi mirip suara simbal dan kicauan burung setiap setengah jam.


Arsih Nuraeni

Content Creator | Siswa TKJ1 2021 | Kameramen Ilmu Santai YouTube SMK Tamtama Karanganyar

Komentar
Tinggalkan Komentar

Create Account



Log In Your Account